iMindMap Basic
 
 
 
   
 

Receive information for latest events and happenings here!
Sign Up Your E-mail below:

Sign Up!
Unsubscribe Newsletter,
Click here.









Buzan Indonesia
Buzan Asia
Buzan World
Art Costa Centre
Braining Smart Learning
  Articles
DetailArticle
Share |
Cara Kita Bepikir Alami : Pancaran Pikiran

Mari kita adakan sedikit aktivitas kecil. Jangan khawatir, saya yakin Anda pun masih mampu melakukannya sambil mengemudikan kendaraan Anda.

Saya minta Anda mengosongkan pikiran Anda sejenak. Sudah ? OK. Seandainya saya bilang sesuatu ke Anda, yaitu "Indonesia" ! Apa pikiran yang timbul di benak Anda ? Ada dari Anda yang pasti terbayang "Kepulauan dari Sabang sampai Merauke". Ada juga yang terbayang "Burung Garuda", ada juga "Presiden kita Pak SBY", "Sawah", "Pantai", atau barangkali "Bendera Merah Putih". Nah, itulah pancaran pikiran Anda mengenai "Indonesia".

Ada 2 pertanyaan saya sekarang pada Anda :
- Apakah pancaran pikiran Anda dengan orang lain tentang "Indonesia" akan SAMA ?

Tentu tidak, bukan ? Orang yang tinggal di pedesaan mungkin akan lebih cenderung memikirkan "Sawah". Anak nelayan mungkin akan terbayang "Pantai". Dan wajah presiden kita SBY akan cenderung terbayang di benak orang yang mengaguminya, dan sebagainya. Dengan kata lain, pancaran pikiran orang akan BERBEDA-BEDA tergantung dari latar belakang keluarganya, pendidikannya, budayanya, jenis informasi atau berita yang dibaca & ditontonnya, atau orang2 yang mempengaruhi hidupnya, dan sebagainya.
Nah, jika sudah terbukti bahwa pancaran pikiran orang berbeda-beda, maka hal inilah yang bisa menjelaskan kepada Anda beberapa kejadian di bawah ini :

  • Mengapa anak TIDAK PAHAM akan pelajaran yang diterangkan oleh gurunya, walaupun gurunya sudah berusaha menerangkannya secara perlahan2 dengan bahasa yang sesuai dengan umur anaknya ? Oleh sebab itu, saat guru mengajar, BELUM TENTU siswa belajar !
  • Mengapa anak TIDAK PAHAM akan pelajaran yang dituturkan dalam sebuah buku cetak pelajarannya, walaupun pengarang buku sudah menggunakan bahasa yang menurutnya sesuai dengan umur pembacanya ? Itulah sebabnya, semudah apa pun pengarang buku itu berusaha menuturkan buah pikirannya, BELUM TENTU pembacanya akan mengerti isi buku.
  • Mengapa seorang karyawan kadang-kadang TIDAK MENGERTI tentang apa yang diterangkan oleh atasannya dalam sebuah briefing atau diskusi ?
  • Mengapa seseorang bisa tersinggung oleh perkataan orang lain yang sebenarnya tidak punya maksud sama sekali untuk menyinggungnya ?
  • Dan lain sebagainya.

Semua kejadian di atas terjadi tidak lain karena perbedaan pancaran pikiran seseorang dengan orang lain. Dan itu alami, walaupun sangat mudah untuk diatasi. Itu adalah gejala mismanagement otak yang alami.
Lalu bagaimana cara mengatasi semua masalah tersebut di atas, atau adakah cara untuk menyamakan atau men-sinergi-kan pancaran pikiran seseorang dengan orang lain ? ADA ! Solusinya adalah MIND MAP.

Mind Map adalah sistem berpikir yang menjamin penggunaan secara optimal semua potensi dan kapasitas otak Anda. Cara kerjanya adalah sesuai cara kerja alami otak Anda.

Dalam Mind Map, semua pemikiran bersama akan dipetakan sehingga semua yang terlibat akan menyatukan pancaran pikiran mereka dan menghasilkan suatu sinergi dari kebaikan potensi otak & kreativitasnya masing-masing. Mind Map dapat diterapkan dalam kegiatan belajar, mengajar, maupun kegiatan manajemen seperti rapat, presentasi, dan sebagainya.




Komentar Anda:

    OtherArticles

Presentasi yang Mempesona !

The Magic of Colours

"Saklar Otak"

Mengingat Nama Orang

Cara Kita Bepikir Alami : Pancaran Pikiran

The Age Of Intelligence !

Tips Berkonsentrasi Penuh

Personal Learning Style : Pembelajar KINESTETIKAL

Personal Learning Style : Pembelajar AUDITORIAL

Personal Learning Style : Pembelajar VISUAL


Arsip Artikel Klik Disini
 
     
  HOME ABOUT BRAIN WORLD SERVICES PRODUCT EVENTS ARTICLES GALLERIES DOWNLOAD CLIENTS TESTIMONIES CONTACT CERTIFICATION

Copyright 2011-2012 © Brainic Institute. All Rights Reserved.
Design by MATAAIR Media Communication