iMindMap Basic
 
 
 
   
 

Receive information for latest events and happenings here!
Sign Up Your E-mail below:

Sign Up!
Unsubscribe Newsletter,
Click here.









Buzan Indonesia
Buzan Asia
Buzan World
Art Costa Centre
Braining Smart Learning
  Articles
DetailArticle
Share |
Brainstorming

Banyak orang yang merasa bahwa mereka dilahirkan menjadi orang yang tidak kreatif. Mereka merasa tidak mampu melahirkan ide-ide baru yang brilian, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerjanya. Hal itu sangat tidak benar. Sumber kreativitas yang tidak terbatas ternyata telah Anda punyai sepanjang hidup Anda. Itu tidak lain adalah OTAK Anda sendiri.
Jika Anda adalah seorang pimpinan perusahaan, saya yakin Anda sering mengadakan suatu rapat untuk menghasilkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perusahaan Anda. Suatu teknik yang sudah terbukti ampuh adalah teknik curah pendapat atau yang terkenal dengan nama brainstorming.
Pada kesempatan ini, saya tidak akan mengajari Anda cara melakukan brainstorming, namun lebih ingin menekankan apa yang mungkin luput dari perhatian Anda saat melakukan dan memimpin proses brainstorming ini, terutama dari sudut pandang Manajemen Otak :

1. Proses brainstorming sudah sesuai dengan cara kerja pikiran Anda, yaitu Asosiasi Pikiran.
Jika otak kita dimasuki suatu informasi, maka informasi itu akan menghasilkan asosiasi-asosiasi pikiran yang lain. Sebagai contoh, jika saya memasukkan kata "Indonesia" ke dalam benak Anda, maka pikiran Anda pasti akan memancarkan informasi-informasi lain seperti : pulau Sabang sampai Merauke,  mungkin wajah presiden SBY, gambar burung Garuda Pancasila, dan sebagainya. Jika pikiran Anda sekarang berhenti di Burung Garuda Pancasila, maka pikiran Anda akan berasosiasi lagi ke – misalnya – bhinneka tunggal ika, pita, sayap, terbang, ikon sebuah partai politik yang sering muncul di televisi, dan sebagainya. Dengan demikian, asosiasi atau pancaran pikiran Anda adalah tidak terbatas. Pancaran pikiran itulah sebagai "embryo" dari ide-ide kreatif Anda.
2. Aturan melakukan brainstorming yang benar sesuai prinsip manajemen otak seharusnya adalah sebagai berikut :

 Yang penting adalah kuantitas ide, bukan kualitas ide
 Setiap pendapat peserta rapat tidak boleh dikritik
Mengkritik berarti Anda langsung menghakimi dengan otak kiri Anda, yaitu LOGIKA. Bisa jadi ide yang seolah-olah tidak bermutu atau tidak layak tersebut akan menghasilkan asosiasi pikiran ke ide yang lebih brilian
 Ide-ide yang radikal dan sedikit "gila" justru sangat diharapkan
Tujuannya adalah agar keluar dari cara pendekatan konvensional atau pola pikir yang biasa.
 Gulirkan atau Keep Rolling ide-ide yang timbul. Jangan dihentikan. Misalnya, jika ada peserta brainstoming yang punya usulan, kejarlah terus konsekuensi dari idenya tersebut, sampai dia tidak bisa menjawabnya lagi. Walaupun seolah-olah tidak masuk akal, namun bisa jadi solusi Anda akhirnya bisa timbul atau "terasosiasi" dari ide yang kita pandang tidak masuk akal atau tidak bermutu tersebut.
 Gabungkan ide-ide peserta yang telah ada agar menghasilkan asosiasi-asosiasi pikiran yang sama sekali baru yang dapat menggiring pada terciptanya ide-ide baru yang brilian

Salah satu tool yang dapat memandu Anda melakukan proses brainstorming yang lebih baik adalah MIND MAP. Mind Map telah digunakan oleh 250 juta pengguna di dunia, termasuk perusahaan-perusahaan kelas dunia dalam kegiatan manajemennya.
 
Sekali lagi, menjadi Kreatif adalah sekedar masalah bagaimana tahu cara menggunakan otak Anda. So, Make the Most of Your Brain !




Komentar Anda:

    OtherArticles

Presentasi yang Mempesona !

The Magic of Colours

"Saklar Otak"

Mengingat Nama Orang

Cara Kita Bepikir Alami : Pancaran Pikiran

The Age Of Intelligence !

Tips Berkonsentrasi Penuh

Personal Learning Style : Pembelajar KINESTETIKAL

Personal Learning Style : Pembelajar AUDITORIAL

Personal Learning Style : Pembelajar VISUAL


Arsip Artikel Klik Disini
 
     
  HOME ABOUT BRAIN WORLD SERVICES PRODUCT EVENTS ARTICLES GALLERIES DOWNLOAD CLIENTS TESTIMONIES CONTACT CERTIFICATION

Copyright 2011-2012 © Brainic Institute. All Rights Reserved.
Design by MATAAIR Media Communication